Featured

    Featured Posts

BisnisUKM.id Berita Terbaru Bisnis, Ekonomi, Investasi Indonesia

Bisnis UKM: Berita Bisnis, Info Bisnis, Panduan Bisnis dan Tips Bisnis Lengkap. Bisnis UKM fokus pada berita bisnis terbaru seputar bisnis, ekonomi finansial dan investasi di Indonesia dilengkapi dengan informasi terkini nasional, koperasi, pembiayaan bisnis, event bisnis, liputan binis, tips bisnis dan lifestyle.
bisnis
Bisnis UKM: Info Bisnis, Layanan Bisnis, Pembiayaan Bisnis, Permodalan Bisnis, Bisnis Ukm, Even Bisnis, Seputar Bisnis, Berita Bisni, Info Bisnis, Peluang Bisnis, Informasi Bisnis, Bisnis Rumahan, Bisnis Indonesia.

Bisnis

Apa itu Bisnis?

Bisnis dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis

Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
Business
Business
Perusahaan perseorangan
Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tidak terbatas atas harta perusahaan. perusahaan ini di kelola secara perorangan serta memiliki tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan perusahaan dan modalnya berasal dari milik sendiri. biasanya perusahaan perorangan memiliki kelebihan dan kekurangan.
Persekutuan
Persekutuan adalah bentuk bisnis di mana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.

Perseroan
Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.

Koperasi
Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
  • Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan secara online lewat internet. Dalam bisnis online, barang apa saja bisa diperjuabelikan layaknya pada bisnis pada umumnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram, path, blog dan lainnya.
Manajemen
Studi yang mempelajari operasi bisnis secara efesien dan efektif disebut dengan manajemen. Cabang utama dari manajemen adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen strategis, manajemen operasi, manajemen produksi, manajemen teknologi informasi, dan intelejen bisnis. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)

BisnisUKM.id Berita Terbaru Bisnis, Ekonomi, Investasi Indonesia

Peluang Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah
Kalau kita perhatikan, saat ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar tapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil-kecilan dan UKM saat ini mengalami peningkatan yang cukup besar pertumbuhannya. Adanya peluang bisnis dengan modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri.
Cukup banyak pengusaha kecil menengah tidak hanya membuka toko yang ada fisiknya, tetapi toko virtual di internet yang dapat menjangkau orang lebih banyak lagi, bahkan beberapa pengusaha online yang saya kenal memiliki penghasilan yang membuat saya “ngiler” hehehe. Nah setelah saya melihat bisnis online kenalan saya itu sangat berhasil, saya tertarik untuk membuat artikel yang berhubungan dengan bisnis, baik itu bisnis offline dan juga online.
Baca Juga:

Beberapa calon pengusaha sering mengalami kendala ketika ingin memulai sebuah bisnis, padahal peluang usaha sudah ada di depan mata. Kendala yang sering kita dengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka. Mungkin Anda berpikir akan lebih baik meminjam uang dari bank atau mencari investor, memang benar langkah itu bisa dilakukan tapi ini bukanlah perkara mudah.
Kebanyakan bank dan investor bisnis pasti akan menanyakan pengalaman bisnis kita sebelumnya dan juga informasi-informasi lainnya yang tidak kita miliki, dan akhirnya kita tidak bisa mendapatkan modal. Lalu, apakah kekurangan modal menjadi penghambat bagi kita untuk memulai bisnis yang kita inginkan? Tentu saja tidak! Kita bisa memulai sebuah bisnis kecil yang dapat dikerjakan walau dengan modal yang minim karena kita bisa menemukan banyak sekali peluang usaha modal kecil di sekitar kita.
Kalau kita bicara bisnis modal kecil berarti kita memang harus tetap punya modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut. Kita tetap harus mengeluarkan uang, selain itu kita juga harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan, modal kemauan & usaha yang keras. Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan, misalnya memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha agar bisa mengurangi biaya sewa tempat, memanfaatkan anggota keluarga dalam menjalankan bisnis untuk mengurangi biaya gaji karyawan, dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis dengan modal kecil yang sering dikerjakan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

Bisnis Offline Dari Rumah

Ada banyak sekali peluang bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat. Walaupun begitu kita harus mempertimbangkan market yang ada di sekitar kita, apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana? Berikut ini adalah beberapa jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan:

Bisnis Membuka Jasa Menjahit

Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, terutama mereka yang memiliki tubuh yang agak gemuk atau terlalu kurus. Nah, mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.
Baca Juga:


Selain untuk membuat pakaian baru, jasa menjahit sering juga dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu besar, atau sekedar memasang atribut tertentu di pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak sekali orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya sedang hits, namun saat akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, untuk mengecilkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari jasa penjahit yang bisa mengecilkan pakaian tersebut.

Bisnis Kuliner

Kalau Anda memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan bisnis ini. Usaha ini sangat cocok untuk orang yang menyukai tentang dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.
Perlu diketahui juga bahwa #bisnis kuliner adalah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Mengapa? Karena kuliner atau makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Walaupun saat ini telah banyak kita temukan berbagai jenis usaha kuliner, tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner lain dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.
Baca Juga:

Model bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil lho. Dan bila Anda tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli #bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba makanan camilan. Salah satu bisnis franchise makanan ringan yang bisa Anda pertimbangkan adalah waralaba tahu jeletot.

Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Memulai bisnis jual pulsa saat ini sebenarnya cukup mudah dan murah, hanya dengan modal awal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini, bisa dikerjakan di mana saja dan siapa saja. Bila Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network, organisasi di mana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka bisnis jual pulsa bisa sangat menguntungkan lho karena kita bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di network, organisasi, dan kampus.
Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik butuh keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena saat ini persaingan jual pulsa elektrik sudah cukup ketat. Dan untuk memulai, maka Anda harus mendaftar menjadi agen jual pulsa elektrik di beberapa Distributor pulsa elektrik, seperti: Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com, Centerpulsa.com, dan lain-lain.
Ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya adalah:
a. Mendaftarlah menjadi agen pulsa pada distributor pulsa terpercaya
b. Jangan mengambil untung terlalu besar
c. Jangan berikan kesempatan orang untuk nge-bon pulsa
d. Promosi dengan memperhatikan etika, baik itu melalui media sosial ataupun media lain
e. Pertahankan memberikan pelayanan yang baik pada semua pelanggan

Bisnis Membuka Les Private/ Kursus

Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain keahlian kita tersebut bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.
Uniknya, sekarang menjalankan bisnis les private atau kursus ini bisa dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar.com.
Jadi, Sekolahpintar.com menjadi media penghubung antara guru dan murid yang ingin belajar secara online. Materi pelajarannya dalam bentuk video yang bisa langsung ditonton oleh para murid. Selain itu, murid dan guru pun bisa berinteraksi tanya-jawab bila ada materi yang ingin dibahas lebih detail.
Nah, bagi Anda yang punya ilmu atau keahlian khusus tentunya ini adalah sebuah peluang bisnis yang sangat bagus, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, dan upload materi pelajaran. Yang pasti kita harus menghubungi pihak Sekolahpintar.com, karena seluruh materi pelajaran yang akan dijual di sana harus atas seijin mereka. Kalau Anda tertarik, bisa mencoba menjadi guru private online di Sekolah Pintar.

Bisnis Membuka Warung atau Toko Sembako

Memang bisnis membuka warung/ toko sembako (sembilan bahan pokok) sangat potensial karena pasti akan terus dibutuhkan masyarakat. Namun, bisnis ini sudah cukup banyak yang menjalankannya, karena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang kita miliki.
Kita juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjalankan model bisnis ini karena tidak semua orang cocok dalam menjalankan usaha warung sembako. Model bisnis ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian, dan membutuhkan keberadaan pemilik usaha terus-menerus, sehingga mau tidak mau Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako bisa berjalan dengan baik.

Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya keterampilan dan kreativitas dalam mengolah gambar dan desain. Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya.
Untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang besar. Bahkan Anda bisa mulai berbisnis tanpa modal materiil dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.com, Sribu.com, Sribulancer.com, Projects.co.id, dan lainnya.
Di Ciptaloka.com misalnya, Anda bisa menjual jasa print kaos dengan desain khusus yang sudah Anda ciptakan. Jadi, orang bisa memesan kaos dengan desain tertentu melalui Anda, lalu setelah customer membayar pesanan, Anda bisa memesan kaos dengan desain Anda tersebut melalui Ciptaloka. Dengan cara seperti ini, tentunya akan sangat membantu mereka yang belum punya modal untuk membangun perusahaan percetakan tapi ingin segera berbisnis.

Bisnis Membuka Jasa Laundry

Bisnis laundry akan sangat laris bila berlokasi di dekat kampus, kost-kostan. Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di-laundry. Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.
Ada beberapa informasi yang harus kita perhatikan bila ingin sukses di bisnis laundry;
a. Perhatikan target market. Sebelum membuka usaha jasa laundry kita harus tahu dulu siapa target market yang akan sering menggunakan jasa laundry yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan jasa laundry adalah mahasiswa, pekerja kantoran yang masih bujangan. Tapi tidak menutup kemungkinan pelanggan berasal dari segmen yang berbeda, misalnya ibu rumah tangga.
b. Modal adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Bukan hanya modal materiil tapi juga pengetahuan tentang bisnis laundry, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.
c. Lokasi usaha laundry juga menjadi faktor penentu keberhasilan di bisnis ini. Usahakan membuka bisnis laundry di lokasi yang cukup ramai, misalnya di sekitar perkantoran, perumahan, asrama, atau kost-kostan.
d. Memilih dan membina karyawan juga tidak bisa disepelekan. Bila Anda akan mempercayakan operasional bisnis laundry kepada karyawan, pastikan bahwa karyawan tersebut telah memiliki pengetahuan yang cukup baik.
e. Yang terakhir adalah proses pemasaran dan promosi. Selain menggunakan media offline untuk promosi (misalnya banner, brosur, pamflet), pertimbangkan juga untuk melakukan promosi via internet (misalnya promosi di Facebook).

Bisnis Online Dari Rumah

Bisnis online sangat cocok bila dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya kita punya toko yang menjual furniture cantik, nah kita bisa menjual furniture kita itu secara online, dan tentunya pasarnya akan semakin luas karena bisnis Anda bisa dijangkau lebih banyak orang via internet. Namun, bila kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis secara online.
Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal kecil:

Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Ini adalah model bisnis yang sangat banyak dijalankan oleh internet marketer baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Untuk menjalankan bisnis afiliasi, kita tidak harus memiliki produk, tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui blog, social media, email marketing, dan lain-lain. Kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual. Produk yang dijual pun bermacam, ada produk berbentuk fisik, berbentuk digital, dan juga berbentuk membership.
Keunikan dari bisnis afiliasi ini adalah, kita tidak perlu repot mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk, packing produk, dan pengiriman produk. Kita hanya perlu mempromosikan link khusus yang didapatkan dari vendor (pemilik produk). Jika link tersebut di-klik oleh seseorang dan orang tersebut melakukan pembelian dari link affiliate milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi.
Untuk program afiliasi lokal yang saya rekomendasikan adalah;
A. Produk Fisik
a. Lazada.com
b. Bhineka.com
c. Blibli.com
B. Produk Digital
a. Ratakan.com Marketplace
b. Idaff.com Affiliate Marketplace

Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)

Memiliki sebuah #toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis online shop bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Dan bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.
Untuk memulai bisnis online shop tentunya Anda harus punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online, tutorialnya bisa kita dapatkan di internet. Setelah lanjutnya adalah mencari produsen produk atau mitra kerjasama yang memberikan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra, kita bisa mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut.
Ada beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk diajak kerjasama:
a. Cakning.com
b. Suplier.id
c. Komisian.com

Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal

Membangun blog/ website bisa menjadi salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone menjadi indikator bahwa media blog/ website ke depannya akan semakin banyak trafik, tentunya sesuai dengan niche blog/ website yang dibangun. Inilah yang bisa kita jadikan peluang bisnis dengan modal kecil.
Coba perhatikan halaman website yang linknya sering bertebaran di Facebook dan Google (misalnya Merdeka.com, Kompas.com, Alodokter.com, Viralnova.com, Cerpen.co.id, dan lain-lain) di dalam halaman website itu kita bisa melihat adanya iklan Google Adsense. Kebanyakan blog dan website portal ini me-monetize websitenya dengan program PPC (pay per click), khususnya Google Adsense.
Program PPC ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu model bisnis jaringan iklan adalah dengan mengikuti program PPC (pay per click) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulbloger, dan lain-lain. Selain iklan PPC, model bisnis iklan yang lain adalah iklan mandiri, yaitu dengan cara menawarkan space iklan pada blog Anda dengan harga yang sudah ditentukan.
Penghasilan dari blog/ website yang memasang iklan PPC maupun iklan mandiri tidak bisa dianggap remeh lho. Banyak sekali blogger dan pemilik website yang mendulang uang dari iklan di blognya, mulai dari puluhan juta rupiah, ratusan juta rupiah, hingga miliaran rupiah. Salah satu blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blognya adalah Linda Ikeji. Blogger asal Nigeria ini diperkirakan mendapatkan milliaran rupiah per bulan dari blognya.

Menjadi Penulis Lepas

Saat ini cukup banyak lho freelancer yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada beberapa tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.
Mengapa banyak orang berprofesi sebagai penulis lepas? Masih berhubungan dengan model bisnis online di point 3, yaitu bisnis online dengan membangun blog/ website portal. Biasanya blog/ website yang sudah mulai banyak visitor akan membutuhkan tenaga penulis artikel untuk mengupdate konten. Semakin banyak konten yang dibangun, maka peluang untuk mendapatkan trafik juga akan semakin besar. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas sering dicari oleh para pemilik blog/ website.
Namun, Anda harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang pemilik blog/ website yang hanya mau membayar penulisnya dengan rate yang sangat rendah. Rate yang rendah tersebut membuat para penulis tidak bersemangat untuk menciptakan konten yang baik. Tentukanlah rate yang Anda inginkan sejak awal, sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas tulisan Anda.
5. Menjual Jasa Web Developer
Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya adalah jasa membuat website/ blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer. Peluang usaha yang satu ini menurut saya sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk bisnis mereka.
Tentunya untuk menjadi seorang web developer dibutuhkan skill yang mumpuni agar mampu menciptakan sebuah blog/ website yang profesional. Sebenarnya untuk membuat website tidak terlalu sulit, kita bisa menggunakan platform WordPress dengan tema yang sesuai dengan niche website. Namun, bila Anda ingin menjadi web developer yang sebenarnya, maka Anda perlu belajar dasar-dasar pembuatan website yang baik. Tempat belajar membuat website yang saya rekomendasikan adalah BabaStudio.
Baca ulasan saya tentang peluang usaha menjadi web developer.

6. Bisnis MLM Online

Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online.
Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik, pastikan #bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk dan sistem yang bagus dan menguntungkan.
Kesimpulan:
Sebenarnya masih ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah tapi sayangnya saya tidak bisa menuliskan semuanya di artikel singkat ini. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa walaupun bisnis atau usaha yang dijalankan hanya dengan modal kecil bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga.
Buktinya adalah usaha kenalan saya itu, dia tidak punya produk sendiri, dengan modal yang kecil dia menjalankan bisnis dropship, tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa, bahkan lebih besar dari gaji seorang manajer Bank. Visi dan misi, semangat dan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus tentu akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan bisa saja melebihi harapan kita. Semoga artikel ini menginspirasi Anda.
Contoh Usaha Bisnis Menjanjikan di Tahun ini, Pada kesempatan ini Bisnis UKM akan membagikan informasi seputar dunia bisnis yang cukup menjanjikan dan potensial di tahun ini.  beberapa contoh bisnis yang bisa di coba sepanjang tahun ini bahkan di tahun-tahun berikutnya. Sebenarnya bisnis di tahun ini tidak berbeda jauh dengan bisnis di tahun sebelumnya, karena seperti yang kita letahui di era yang sudah modern ini hampir semua aspek kehidupan bisa di jadikan ladang mencari uang terutama di bidang teknologi.
Memulai usaha atau bisnis merupakan pilihan yang terbaik saat ini, karena jika hanya mengandalkan pekerjaan sebagai karyawan saja akan terasa pas-pasan meskipun Upah Minimum Regional(UMR) setiap tahun naik. Kenaikan UMR masih tidak sebanding dengan kebutuhan kita sehari-hari, yang mana hampir seluruh kebutuhan pokok naik. Bahkan di tahun ini nilai rupiah terus merosot yang secara tidak langsung berdampak terhadap harga barang di pasar terutama produk impor.
Namun jika anda sekarang sudah memulai pekerjaan, jangan langsung berhenti begitu saja dari pekerjaan. Mulai saja sebuah usaha atau bisnis yang bersifat sampingan yang mana anda bisa membagi waktu antara pekerjaan dan bisnis. Alangkah baiknya memulai bisnis sampingan yang bisa di jalankan kapan saja, mudah dan carilah yang menghasilkan. Nah, ketika usaha tersebut mulai potensial, anda bisa berhenti dari pekerjaan tersebut dan fokus mengembangkan usaha anda. Berikut ini Bisnis UKM bagikan contoh usaha menjanjikan tahun 2016 yang bisa anda coba, simak baik-baik dan usahakan membaca seluruhnya.

Contoh Usaha Bisnis Menjanjikan

Bisnis Bidang Properti

Bisnis yang satu ini sangat potensial sepanjang tahun, tidak hanya di tahun 2016 saja, di tahun sebelumnya atau bahkan di tahun selanjutnya akan selalu potensial bahkan bisnis bidang properti menjadi investasi yang sangat menjanjikan. Ini di karenakan setiap tahun nilainya terus naik. Bisnis bidang properti ini juga sangat banyak contohnya, seperti tanah, bangunan, kos-kosan, rumah kontrakan, ruko dan masih banyak lagi.
Namun seperti yang kita ketahui bersama, bisnis bidang properti ini hampir semuanya membutuhkan modal yang besar. Namun jika anda memang tertarik, anda bisa membeli tanah yang murah namun kedepannya bisa di jual dengan harga yang tinggi. Misalnya saja di dekat tanah tersebut 10 tahun lagi akan di bangun kampus, maka nilanya 10 tahun lagi akan meroket, bahkan anda bisa memulai banyak usaha disana seperti usaha kos-kosan misalnya.

Bisnis Online

Bisnis yang satu ini paling banyak di jalankan oleh remaja dan pemuda, terutama kaum adam. Sebenarnya bisnis online bisa di jalankan oleh siapa saja, karena pada dasarnya bisnis online tidak memandang usia dan jenis kelamin. Latar belakang pendidikan juga tidak penting di dalam bisnis online, baik itu pernah sekolah maupun tidak bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa kita jalankan, salah satunya yang sangat populer ialah kegiatan blogging, dimana dari ngeblog ini kita bisa mendapatkan uang dari iklan yang tampil di blog kita.
Selain itu jual beli barang saat ini juga bisa di lakukan secara online, sehingga pangsa pasar semakin luas mulai dari sabang sampai merauke. Bagi anda yang saat ini berdagang tidak ada salahnya mencoba memasarkan produk secara online, barang yang mendukung di jual di internet sangat banyak, seperti barang elektronik, perabot rumah tangga, makanan kering, aksesoris, pakaian, sepatu dan masih banyak lagi. Jadi coba saja dari sekarang bisnis online ini, siapa tahu kesuksesan anda dari sini.

Bisnis Bidang Pertanian

Usaha di bidang pertanian juga sangat potensial di tahun 2016 ini, kita bisa melihat sendiri jika harga produk pertanian seperti sayuran dan buah-buahan terus meroket di tahun 2015 dan di tahun 2016 ini harganya semakin merangkak naik. Melihat potensi yang sangat menjanjikan tersebut, memulai usaha pertanian menjadi pilihan yang tepat. Kita tinggal di negara yang memiliki tanah tersubur di dunia, segala jenis sayuran, tanaman dan buah-buahan bisa di kembangkan di negara kita.
Bisnis UKM: Berita Bisnis, Info Bisnis, Panduan Bisnis dan Tips Bisnis Lengkap
Beberapa jenis tanaman yang cukup familiar di Indonesia adalah padi, teh, kopi, jagung yang mana semuanya di butuhkan masyarakat. Apabila anda tidak memiliki tanah maka bisa membeli sedikit-demi sedikit atau menyewa tanah kepada orang lain. Intinya jika anda tertarik dengan usaha bidang pertanian, anda harus banyak belajar tentang tanaman yang ingin anda tanam.

Bisnis Bidang Budidaya

Budidaya merupakan kegiatan membudidayakan suatu tanamann atau hewan yang mana bertujuan untuk memperoleh penghasilan, biasanya yang di budidayakan adalah tumbuhan atau hewan yang cepat panen. Seperti contohnya budidaya jamur tiram, budidaya ikan air tawar, budidaya belut dan masih banyak lagi. Apabila anda memang tertarik maka bisa mencobanya, kami juga telah mengulas referensi mengenai usaha budidaya jamur tiram, anda bisa membaca pada Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Rumahan Menjanjikan

Bisnis Bidang Peternakan

Rasanya kurang lengkap jika tidak membahas usaha di bidang peternakan. Bagi masyarakat pedesaan, memiliki hewan ternak merupakan hal yang wajar, minimal memiliki ayam kampung yang mana meskipun tidak di jual bisa di makan sendiri terutama ketika memasuki bulan puasa dan hari raya lebaran. Di bidang peternakan ini sangat banyak yang bisa kita ternak, seperti contohnya sapi. Kebutuhan akan daging sapi di negara kita terus meningkat bahkan pemerintah sampai mengimpor sapi dari luar negeri. Itu di karenakan stok daging sapi di dalam negeri masih kurang. Nah, tentu anda bisa beternak sapi karena daging sapi sangat di butuhkan, semakin banyak yang beternak sapi maka negara kita tidak perlu mengimpor dari negara lain, harga daging sapi pun bisa di tekan serendah mungkin. Selain sapi tentu masih banyak hewan ternak lain yang bisa anda ternak, mulai dari kerbau, kuda, domba, kambing dan lain sebagainya.

Bisnis Bidang Jasa

Memulai usaha di bidang jasa sangat cocok di jalankan bagi kita yang memiliki keahlian, usaha yang satu ini juga cocok bagi anda yang memiliki modal pas-pasan. Karena dalam usaha bidang jasa, bukan modal yang paling penting, namun kehalian dan jasa anda yang paling penting. Sebagai contoh saja saat ini banyak usaha di bidang jasa, seperti tukang potong rambut(salon), jasa menjahit pakaian, jasa desain interior rumah, jasa pasang iklan, jasa servis dan masih banyak lagi. Silahkan anda cari sendiri mana kiranya usaha bidang jasa yang cocok dengan anda. Untuk masalah pontensinya sama dengan bisnis yang lain, yakni menjanjikan dan menguntungkan di tahun 2016 maupun di masa yang akan datang.

Bisnis Bidang Kuliner

Salah satu jenis usaha paling laris di negara kita adalah usaha bidang kuliner. Ya memang tidak perlu di perdebatkan lagi, faktanya memang begitu adanya. Jika tidak percaya coba anda lirik jalanan di sekitar tempat anda tinggal, usaha apakah yang paling banyak? maka hampir 99% menjawab usaha kuliner. Mulai dari bakso, soto, nasi goreng, nasi campur, lalapan, ice cream, es degan, es doger, kue dan masih banyak lagi yang tidak bisa di hitung jumlahnya.
Jika anda tertarik dengan usaha bidang kuliner, saran saya pastikan anda memiliki kemampuan dalam membuat makanan yang ingin anda jual. Jika anda ingin menjual ayam bakar, maka anda harus menguasai bagaimana cara mengolah ayam mulai dari membeli ayam sampai ayam tersebut matang dan di hidangkan kepada pelanggan. Jika memang anda telah menguasainya, tentu anda bisa memulai bisnis ini dan keuntungan bisa segera anda raih. Yang terpenting, usaha bidang kuliner rasa tidak pernah bohong, harga juga menjadi penentu.

Bisnis Perdagangan

Jika ingin cepat kaya maka berdaganglah. Berdagang merupakan kegiatan jual beli yang mana di prioritaskan di dalam agama Islam. Namun jika anda terjun ke dalam usaha yang satu ini, anda harus bedagang sesuai syariat, jangan sampai merugikan orang lain. Sangat banyak jenis barang yang bisa di jual belikan di tahun 2016 ini. Mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Kebutuhkan sekunder seperti barang elektronik, perabot rumah tangga. Jika anda ingin memulai usaha dagang, pastikan anda memilih usaha dagang yang tepat. Anda bisa melakukan survei dan mencari tahu mana barang yang laris di pasaran.
Di tahun 2016 ini hampir semua barang laris manis, seperti contohnya barang elektronik seperti smartphone. Anda bebas menjual apa saja yang penting halal dan bermanfaat bagi orang lain. Jangan menjual sesuatu yang di larang agama dan negara, jualah yang layak di jual saja.

Bisnis Waralaba

Usaha bidang waralaba mulai banyak di jalankan di tahun ini, mungkin mulai tahun 2010an usaha waralaba banyak di jalankan dan puncaknya di tahun-tahun sekarang ini. Beberapa contoh usaha waralaba dengan skala besar adalah Indomaret dan Pertamina. Dan untuk waralaba skala kecil sangat banyak sekali contohnya dan yang paling banyak adalah usaha waralaba makanan dan minuman.
Untuk bergabung di usaha waralaba dari sebuah perusahaan dagang, di butuhkan modal yang bervariasi, mulai dari 5 sampai puluhan juta. Untuk kuliner sendiri mungkin dengan budget 10 jutaan sudah cukup, bahkan bisa kurang dari itu tergantung dari pemilik dan jenis produk yang di jual.
Baca Juga : Contoh Bisnis Usaha Waralaba Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Sesuai Bakat Hobi

Bisnis terakhir apabila beberapa contoh bisnis di atas tidak cocok dengan anda adalah memulai bisnis dari bakat, minat atau hobi anda selama ini. Sebagai contoh saja Budi memiliki hobi makan ikan guramai di warung pak Radit, dari hal tersebut Budi terinspirasi bagaimana caranya agar saya bisa makan ikan guramai secara gratis tanpa harus membeli di warungnya pak Radit. Dari hal tersebut akhirnya Budi memulai usaha ikan guramai di belakang rumahnya dan dalam tempo 1 tahun sudah berhasil mengambil keuntungan dari usaha tersebut dan bisa memanen sendiri ikan guramainya.
Intinya dari bakat atau hobi anda selama ini bisa di konversikan ke dalam dunia bisnis yang nantinya bisa mendatangkan pundi-pundi uang, selama anda mau mencoba pasti ada jalan keluar. Yang penting kita sudah berusaha dengan sebaik mungkin, masalah hasil serahkan kepada yang Maha Kaya yakni Allah SWT.

Bisnis yang Menjanjikan dan Cara Memulainya

Seiring dengan himbauan pemerintah untuk makin meningkatkan usaha produktif, sebagai generasi muda kita harus bisa menjawab tantangan tersebut. Berwiraswasta memang tak semudah menjadi pegawai kantoran yang dapat gaji rutin bulanan. Apalagi jika gajinya sudah terlanjur lumayan besar. Namun demikian, bagi yang suka tantangan, menjadi pengusaha layaknya sebuah perjuangan yang menyenangkan. Sebagian pengusaha pemula banyak yang berfikir usaha walaupun kecil butuh biaya. Ada benarnya namun hal itu tak mutlak. Jika  Anda jeli membaca informasi sebenarnya modal usaha itu bukanlah uang semata, namun kreatifitas dan waktu.
Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana waktu dan kreatifitas serta modal yang Anda miliki tersebut bisa membawa Anda menjadi pengusaha sukses. Bagi Anda yang masih bingung ide bisnis apa yang cocok bagi Anda dan bagaimana cara memulainya. Berikut ide bisnis yang menjanjikan dan cara memulainya:

Peluang Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis ini hanya butuh deposit awal paling sekitar Rp100.000 saja. Dengan modal segitu, Anda sudah bisa jualan pulsa. Tidak perlu ke mana-mana, lapak pulsa Anda bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi. Tinggal kreatifitas Anda yang harus dipacu supaya lapak pulsa Anda dikenal dan bisa mendapatkan pelanggan tetap. Kunci sukses bisnis ini adalah layanan cepat, transaksi mudah, dan lancar. Biasanya kemudahan transaksi identik dengan bayar belakangan. Hal ini yang akhir-akhir ini banyak menimbulka

Bisnis Menjadi Seorang Dropshipper

Dropshipping adalah bisnis menjual produk orang lain tanpa perlu membelinya. Fungsi Anda hanya sebatas sebagai perantara saja. Usaha ini tentu saja tanpa modal. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memulainya. Sebagai seorang dropshipper, tugas Anda adalah mencari pembeli dari pemilik barang. Anda dapat untung dari selisih harga jual yang Anda tentukan sendiri. Dropshipping merupakan sebuah usaha kecil yang menjanjikan dan dapat dilakukan hanya dari rumah atau dari mana saja menggunakan smartphone atau tablet  Anda.
Beberapa fasilitas pendukung usaha dropshipping Anda adalah grups BBM, WA, Instagram, Grup facebook, Twitter, atau dengan membuat toko online sendiri. Kunci sukses Anda adalah meyakinkan pembeli bahwa usaha Anda bukanlah penipuan, oleh karena itu tampilan dan produk harus meyakinkan. Pastikan smartphone Anda punya cukup memori dan processor sehingga bisa upload dan download gambar untuk memberikan layanan cepat dan mudah bagi pembeli Anda.

Bisnis Menjual Ebook Melalui Internet

Bisnis eBook, menjual buku melalui penerbit jika Anda adalah pebisnis pemula yang belum dikenal, sudah pasti akan ditolak. Penerbit juga tidak ingin rugi mencetak buku dari penulis yang belum punya reputasi. Anda tidak perlu putus asa. Ada solusi kreatif dengan menjual buka Anda dalam bentuk Ebook. Ebook atau electronic book yaitu buku dengan format elektronik, yang umumnya berupa pdf fle, MS Word, PowerPoint dan lainnya. Apabila Anda memiliki banyak ide yang ingin dijual kepada pihak lain, Anda dapat membuatnya dalam bentuk ebook. Biasanya ebook yang laris berisi panduan, tips, dan trik untuk menghasilkan uang atau dalam bentuk informasi yang banyak dibutuhkan oleh pembaca. Tidak ada modal uang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online ini selain waktu, tenaga dan pikiran Anda saja. Ini benar-benar contoh usaha tanpa modal yang hanya meng Andalkan tenaga, dengkul, fisik dan otak Anda.

Bisnis Program Affiliasi

Bisnis Afiliasi, memungkinkan Anda mendapatkan komisi dari produk yang terjual melalui jasa promosi Anda. Jasa promosi bisa dalam bentuk iklan di blog atau website Anda. Kuncinya blog yang Anda miliki harus mempunyai jumlah pengunjung harian yang banyak. Bisnis ini sebenarnya tidak beda jauh dengan dropshipper dan reseller, di mana Anda sebagai penghubung antara pemilik barang dan penjual. Namun afiliasi umumnya melakukan usahanya secara online di internet. Di mana para affiliate ini memiliki situs, blog dan akun-akun media sosial untuk mempromosikan dagangan mereka.
Agar modal yang diinvestasikan pada bisnis ini tetap kecil, Anda dapat menggunakan fasilitas gratis yang banyak di internet untuk promo usaha Anda. Banyak sekali bisnis modal kecil untuk mahasiswa seperti ini yang diikuti banyak pelaku usaha muda.
Bisnis Usaha Berbasis Kerajinan Tangan
Bisnis bisa berawal dari hobi. Hobi membuat kerajinan tangan ternyata juga cukup menjanjikan. Beberapa ide bisnis yang bisa Anda geluti dari hobi ini adalah membuat kerajinan gerabah, kerajinan daur ulang sampah plastik, daur ulang limbah kaca, kerajinan rajut, kreasi kerajinan kain perca, kerajinan logam, lampion benang, kerajinan dari limbah kaleng, dan lain-lain.
Bisnis UKM - Berita Bisnis, Info Bisnis, Panduan Bisnis dan Tips Bisnis Lengkap
Selain itu membuat kap lampu dari pasir, mika, eceng gondok, pelepah pisang, kayu, perkakas rumah tangga dari kertas bekas juga bisa dilakukan dari rumah. Bagi Anda yang kreatif membuat mainan dari kayu, misalnya puzzle, membuat souvenir berbahan baku resin, souvenir dari daun kering, souvenir dari serangga, limbah kepompong ulat sutera bisa menjadi alternatif lainnya. Kuncinya adalah menyediakan banyak waktu dan kreatifitas.

Kunci Sukses Binis dan Tahapan Memulai Usaha Kecil

Usaha Kecil apalagi yang nyaris tanpa modal butuh ketekunan, usaha keras yang luar biasa. Jauh di atas rata-rata usaha yang punya modal besar. Namun demikian usaha keras tersebut tidak akan ada artinya manakala Anda salah mentor sehingga terjerumus ke mana-mana untuk mencoba tanpa ada yang mengarahkan, tidak bisa menghasilkan uang dan berujung pada putus asa.
a. Amati, Tiru dan Modifikasi
Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari, amati, tiru dan modifikasi. Perlu diingat, semua bisnis pasti ada model yang sudah pernah ada, bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.
b. Cari Partner untuk sharing resiko
Kalaupun butuh modal, usahakan untuk tidak menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, apalagi Anda belum paham betul dengan risiko yang nanti akan terjadi, maka carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.
c. Harga Waktu, Konversikan ke Uang
Konversikan waktu yang Anda keluarkan untuk berbisnis dengan uang. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp20 ribu per jam. Tujuannya adalah membantu saat Anda harus mengambil keputusan: misalnya saja sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini prinsip dasar dari menghargai waktu.
d. Lakukan Secara Maksimal
Tahap awal memulai usaha, Anda harus bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan. Sebagai pengusaha pemula, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri.
e. Rekrut Karyawan
Jika usaha Anda sudah mulai berjalan, jangan show of force sendirian. Mulailah untuk rekrut karyawan dengan baik. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa. Cari yang punya passion di bidang tersebut. Karyawan adalah kunci masa depan usaha Anda. Di tangan mereka visi misi Anda akan diwujudkan.
f. Manfaatkan Teknologi Terbaru
Karena usaha / bisnis  Anda berbasis online, maka gunakan teknologi terbaru. Teknologi baru seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Alokasikan waktu Anda untuk mempelajari beberapa perkembangan teknologi terbaru sehingga Anda bisa memanfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran untuk menunjang usaha Anda
g. Hindari perang harga dengan menjual kelebihannya
Hindari perang harga, dengan menjual kelebihannya, dan bukan harganya. Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya, mengingat produk atau layanan Anda masih baru dan belum dikenal. Hindari bersaing pada harga, Anda pasti akan kalah dengan pemain lama. Jual kelebihan jasa atau produk Anda, kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

Binis Jangan Takut Mencoba

Memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah, banyak tantang dan kendala yang nantinya harus Anda hadapi. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah, karena disetiap tantangan yang Anda hadapi akan selalu ada pelajaran yang dapat Anda ambil. Tidak hanya itu, setiap kesulitan pada setiap tantangan akan membuat Anda lebih ulet dan gigih. Jadi, jangan takut mencoba!

Info Alexa
author

Author Name

Author Description!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Posting Komentar

www.CodeNirvana.in

Translate

Total Pageviews

Copyright © Jasa Pembuatan Website Bandung | Jasa SEO Murah | Designed By Jasa Toko Online